Kamis, 11 Agustus 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )



Sekolah                         :   SDN MARGACINTA I
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 2
Materi Pokok               :   Bumi dan Alam Semesta
Waktu                           :   4 x 35 menit (2 x pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan diskusi

A.     Standar Kompetensi        :
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

B.     Kompetensi Dasar
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

C.     Tujuan Pembelajaran**:
o       Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
o       Siswa dapat Memahami istilah dari :
-    Umbra
-    Penumbra
o       Siswa dapat Menjelaskan penyebab gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian
o       Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
o       Siswa dapat Memahami hal-hal penting mengenai gerhana matahari

&   Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Gerhana bulan dan matahari
o       Gerhan Bulan

E.     Media Belajar
o       Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
o       Bola besar, bola kecil, senter

F.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o       Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
&   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
F     Memahami istilah dari :
-      Umbra
-      penumbraRadio
F     Menjelaskan penyebab gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian
F     Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o       Memberikan kesimpulan bahwa gerhana bulan terjadi jika matahari bumi dan bulan berada pada satu garis lurus dengan bumi berada di antara bulan dan matahari

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o      

 Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o       Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan
o       Mengulang materi sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
&   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi
F     Memahami hal-hal penting mengenai gerhana matahari
-      Gerhana matahari hanya mungkin terjadi pada saat bulan baru
-      Bagian matahari yang tertutuplebih dahulu adalah bagian sebelah kanan (barat)
-      Gerhana matahari total paling lama berlangsung selama 7 menit
-      Gerhana matahari hanya dialami oleh sebagian bumi pada siang hari
F     Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o       Memberikan kesimpulan bahwa Gerhana matahari terjadi jika matahari, buni, dan bulan berada pada satu garis lurus dengan bulan berada di antara matahari dan bumi

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o      





G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o    Menggambarkan terjadinya gerhana bulan dan matahari.
o    Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari dan bulan menggunakan model atau charta.

Tugas Individu
dan kelompok
Uraian Objektif
o    Gambarkan terjadinya gerhana bulan dan matahari.
o    Jelaskanlah  beberapa bentuk gerhana matahari dan bulan menggunakan model atau charta.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&        LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







  
CATATAN :
@      Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Garut, Agustus 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Kelas VI



          Neni Supriatini, S.Pd.                                           Amir Hamzah, S.Pd.
NIP : 130 724 836                                                NIP : 131 505 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar